Sabtu, 10 Januari 2009

TUGAS AKHIRkuuuuuuuuuu

WILLIAM WONGSO dan A. AMRULLAH H. Pengendalian Lampu Lalu Lintas dengan Logika Samar (dibimbing oleh Ir. Ingrid Nurtanio, MT dan Ir. Christoporus Y, MT).

Tugas akhir ini bertujuan untuk (1) membuat suatu sistem pengendali cerdas pada lalu lintas agar dapat berpikir dan bertindak seperti operator,(2) Membuat simulasi sederhana untuk memperlihatkan proses dalam mendesain sebuah pengendali Logika Fuzzy ( Logika Samar ) dengan menggunakan toolbox " Fuzzy Logic "pada program Matlab 7.

Pengendalian ini dimulai dengan mengambil data di lapangan setiap waktu kemudian diolah menggunakan metode Fuzzifikasi dengan software toolbox ”Fuzzy Logic” pada Matlab 7. Sehingga didapatkan lama setiap lampu lalu lintas disetiap jalur yang dikhususkan pada perempatan jalan Sudirman dengan jalan G. Bawakaraeng.

Hasil pengujian membuktikan bahwa dengan penerapan logika samar pada sistem lampu lalu lintas lebih optimal dan efisien bagi para pengguna jalan. Hal ini dikarenakan sistem lampu lalu lintas pada umumnya masih menggunakan sistem progress dan sistem flat, dimana kedua sistem memiliki kelemahan, yakni penyalaan lampu lalu lintas yang tidak akurat.

Tidak ada komentar: