Jumat, 18 September 2015

Teman yang Pintar #GoForIt

Teman yang Pintar #GoForIt

Saya lupa kapan pertama kali menggunakan handphone, tapi yang jelas sampai sekarang masih setia pada penyedia layanan telpon dan internetnya. "Begitu juga dengan klub Bola masih tetap liverpudlian (sebutan untuk fans Klub Liverpool)".

Berawal saat dimunculkannya teknologi CDMA, saya pun memutuskan untuk menggunakannya bersama dengan  keluarga. Banyaknya kemudahan dan fasilitas yang diberikan yang sesuai dengan aktifitas saat itu membuat kami selalu mengandalkannya. Dari kerjaan di kantor sampai ke tugas-tugas kuliah yang membutuhkan koneksi yang internet yang stabil dan lancar.

Saya coba memakai Smartfren awalnya bukan karena tugas kantor, tetapi karena kondisi rumah yang susah jika menggunakan provider lain. Sudah jadi kebiasaan banyak orang di daerah Makassar kalau memutuskan menggunakan provider harus uji coba dulu, karena beda tempat bisa beda kestabilan provider tersebut (menurut beberapa penjual pulsa dekat rumah). Dan itu sudah dibuktikan oleh beberapa teman yang berkunjung ke rumah yang kebanyakan menggunakan provider GSM. Mereka jika ingin mendownload sesuatu harus ke teras rumah supaya sinyalnya bagus. hal itu disebabkan karena daerah rumah saya yang tertutup oleh bangunan yang tinggi (itu menurut penjual pulsa dekat rumah juga). Dari pengalaman itu saya memutuskan untuk memakai Smartfren, dan hipotesis beberapa penjual pulsa dengan menggunakan smartfren dapat terbantahkan atau H0 di tolak (efek kuliah statistik).

Dari penggunaan Smartfren di rumah, saya coba ke aktifitas kantor.
Sejak tahun 2010 saya menjadi pegawai negeri sipil, Setiap tahun, selalu ada pertanyaan di kantor. Mau ke kabupaten (Sulawesi Selatan) mana lagi ? atau berapa hari ke jakarta ?. Perjalanan keluar kota adalah hal yang selalu ada tiap tahun, cuma daerahnya saja yang berbeda. Diawal penugasan selalu dibuat susah dengan komunikasi jika sudah berada di daerah penugasan, karena diharuskan terus melaporkan tiap hari jalannya kegiatan tersebut dan juga tidak lupa ngasih kabar ke keluarga. Yang dipikiran saya ketika keluar kota mau melaksanakan tugas, disana disediakan fasilitas internet atau tidak, bawa modem atau tidak, pilih provider apa yang bagus untuk daerah tujuan, Alat mandi bawa atau tidak, ini karena hotelnya belum tahu kelas "melati atau mawar".

Awalnya permintaan laporan via telpon dan sms, tetapi tidak efisien karena tahu sendiri menelpon dan sms butuh biaya belum lagi kalau ada masalah. Admin di kantor juga kadang kewalahan jika rekap laporan dari sms dan telpon, oleh karena itu laporannya dipindahkan melalui email. Namun sejak era media sosial, laporan dan perkembangan jalannya kegiatan termasuk makan-makan dipantau dan dilaporkan melalui media sosial (Facebook, BBM, Whatsapp). Yang jadi masalah tidak semua daerah kondisi jaringan internet ada dan stabil (percuma ada kalau upload foto makan ikan bakar harus nunggu jaringan bagus).

Tahun pertama saya coba menggunakan smartfren untuk perjalanan tugas kantor ke beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan. Karena takut sinyalnya tidak bagus, saya sediakan cadangan provider lain. Itupun tidak perlu repot dengan membawa perangkat lain karena smartphone yang disediakan oleh Smartfren dimungkinkan menggunakan provider lain (Bisa 2 Kartu).  Dari perjalanan ini, cuma  kabupaten Selayar yang lokasinya di pulau belum terlayani dengan baik oleh Smartfren (jadi harus pakai provider lain). Namun ada secercah harapan ketika baca berita lewat www.detik.com dan liat opini dari http://blog.detik.com (rutinitas pagi hari sebelum kerja terutama berita sepakbola), Smartfren menggunakan Teknologi layanan 4G LTE Advanced. Dengan jangkauan yang lebih luas dan layanan internet cepat (http://www.smartfren.com/4g), Smartfren 4G LTE Advanced bisa menemani perjalanan sampai ke daerah tujuan dan sekarang jadi penasaran untuk nyoba Smartfren 4G LTE Advanced ke berbagai kota.

Dengan pengalaman dan berbagai masalah dalam rutinitas sehari-hari jadilah smartphone Smartfren jadi teman setia kemana-mana. Kecepatan dan kestabilan layanannya dapat diandalkan dimana saja. Kondisi ini pun yang meyakinkan saya tetap menggunakan layanannya diaktivitas perkuliahan. perkuliahan yang mengarah ke e-learning sangat membutuhkan internet yang stabil, sementara kondisi kampus yang menyediakan layanan internet gratis ke mahasiswa belum memadai. Apalagi saat jam-jam tertentu dimana mahasiswa masing-masing membuka media sosial sekedar untuk mengetahui kabar teman yang duduk disampingnya atau melanjutkan mendownload file yang belum kelar kemarin sore.

Jadi buat yang baca tulisan ini dan berdomisili di daerah Makassar, coba gunakan Smartfren 4G LTE Advanced dijamin tidak akan kecewa dengan internet yang lambat (apalagi maniak game Clash Of Clans, tidak akan disconnect waktu lagi nyerang). #GoForIt










3 komentar:

Rephi Andhi mengatakan...

Teman yang pintar menjadikan kita pintar juga.... mampir tempatku yahh... http://www.rephiandhi.com/2015/09/smartfren-4g-lte-advanced-Internet-cepat-goforit.html

sutopo mengatakan...

Wah cukup keren nih tulisanya..
salam kenal
sutopo dari jogja
Baca juga artikel saya Smartfren 4G LTE Semakin keren

BIBI mengatakan...

Ok sipp